BAGAIMANA CARANYA AGAR WARNA HENNA GELAP DAN TAHAN LAMA ( How to Make Henna - Mehndi Dark and Long Lasting )

Tuesday, April 26, 2016
photo credit by gita prasticha
natural henna stain prosession

photo credit by gita prasticha

HENNA - MEHNDI STAIN

Ada beberapa tips agar warna henna di kulit bisa gelap dan tahan lama.

PREPARATION

- Gunakan henna bubuk yang masih fresh, agar nantinya akan menghasilkan racikan yang bagus dan bisa menghasilkan warna yang gelap pula.
- Penambahan EO (esential oil ) juga membantu menguatkan warna henna.


APPLY HENNA

- Waktu yang ideal pemasangan henna adalah dua hari sebelum acara, karena henna membutuhkan waktu dua hari untuk pematangan warnanya.
- Pastikan kulit yang akan dihenna bersih dari kotoran, minyak, keringat, pelembab dan harus bersih dari unsur bahan kimia. Sebaiknya sebelum dihenna, kulit harus dicuci dengan sabun terlebih dahulu hingga bersih, kemudian dikeringkan.
- Duduk dengan nyaman, pilih tempat yang cahaya bagus, agar henna artist mampu melihat dan menggambar dengan baik.
- untuk yang dihenna sebaiknya tidak minum secara berlebihan, agar tidak sering ke kamar mandi untuk buang air kecil, sebaiknya juga sebelum pemasangan henna buang air kecil dulu.
- Tahan henna di kulit selama mungkin, 7-8 jam adalah waktu yang ideal ( over night, pemasangan di malam hari adalah waktu yang ideal, kita bisa menahan henna semalaman sambil tidur, tanpa kita terganggu dengan aktifitas lainnya )
- Semprot beberapa kali dengan air perasan lemon yang dicampur dengan gula,
   Gula berfungsi agar henna mampu melekat erat di kulit agar tidak mudah rontok.
   Air lemon berfungsi untuk meningkatkan dan menguatkan pelepasan warna henna.
- Setelah hampir kering ( 90% kering ) Tutup henna dengan plester yang biasa digunakan untuk keperluan medis ( bisa memakai hypafix, mefix, ultrafix ), agar henna bisa melekat erat di kulit, tidak mudah rontok. Untuk di daerah yang sedang musim dingin, bisa dilakukan setelah diplester, tangan diberi sarung tangan agar lebih hangat. Pelepasan/pematangan warna henna membutuhkan suhu yang hangat. Jadi sebaiknya hindari pemakaian AC pada saat henna beroksidasi ( perubahan warna henna di kulit selama dua hari, dari orange tua kemudian menggelap secara berangsur angsur menjadi coklat kemerahan atau coklat tua ). Apabila anda tidak bisa lepas dari AC, diusahan memakai sarung tangan agar selalu dalam kondisi hangat selama henna mengalami oksidasi.

Pada suatu kondisi kita tidak bisa menahan henna terlalu lama, tidak kita semprot dg larutan gula dan lemon, tidak bisa juga dimefix. jangan khawatir, henna masih tetap akan tetap mengeluarkan warna walau hanya ditahan 1-2 jam.

AFTER CARE

- Perontokkan henna.
;) Bila anda menggunakan mefix, pada saat melepas mefix, henna akan ikut terangkat. Kemudian olesi kulit dengan henna balm atau bisa gunakan viks atau balsam hangat lainnya.
:) Apabila anda tidak menutup henna anda dengan apapun, sebelum dirontokkan henna disemprot dengan minyak kayu putih atau oil yang hangat lainnya, diamkan beberapa menit agar henna melembek kemudian rontokkan. Beberapa orang menggunakan minyak sereh atau minyak cengkeh, sebagai informasi kedua jenis minyak itu cenderung sangat panas, beberapa orang tidak tahan dengan panasnya. Bila kulit anda tahan, silahkan memakai minyak itu, kalau tidak, cukup dengan minyak kayu putih saja,

- Hindari pemakaian lotion setelah pemasangan henna, lotion dan pemakaian zat kimia lainnya akan menyebabkan henna mudah pudar.

- Jangan lakukan wax, bleaching, luluran atau mencukur bulu setelah pemakaian henna. Lakukan itu semua SEBELUM pemasangan henna.

- Jangan di scrub pada saat mandi pada bagian yang dihenna, jangan terlalu berlebihan dalam kontak dengan air, seperti memcuci, mengucek pakaian, memakai sabun yang keras ( sabun cuci, klorin dll )

- Jangan berenang di kolam yang mengandung kaporit, karena kandungan kaporit menyebabkan henna cepat pudar.

Begitu juga dengan after care, terkadang kita tidak mampu melakukan after care dengan baik, karena berbagai kondisi. Apalagi sebagai muslim dan juga sebagai seorang wanita, kita tidak bisa jauh dari air dan sabun.

JUST HAVE FUN WITH HENNA !!


:))
 There are a few tips how to make henna dark and long lasting

PREPARATION

- Use fresh henna powder, fresh henna powder can make the color getting dark.
- Add EO (Essential oil) also helps increase the color of henna.


APPLY HENNA

- The ideal time to apply henna is two days before the event/occasion/wedding, because henna takes two days for mature stain.
- Make sure before applu henna the skin clean. Dust, dirt, oil, sweat, moisture and must be remove from skin. Preferably before applying henna, the skin should be washed with soap then dry tehm properly.
- Sit comfortably, to choose place with a good light, so henna artist can able to see and draw well.
- dont drink a lot,, so you woldn't often to go to  the bathroom for urinate, preferably well before installing henna  you do pee first.
- Hold the henna on the skin as long as possible, 7-8 hours is ideal (over night, the installation at night is the ideal time, we can hold the henna over night while sleeping, without us distracted with other activities)
- Spray several times with lemon juice mixed with sugar,
   Sugar serves to henna able to become embedded on the skin that are not easily fall out.
   Lemon water works to improve and strengthen the henna color release.
- After nearly dry (90% dry) Close henna with plaster which is used for medical purposes (can use hypafix, mefix, ultrafix), so henna can become embedded on the skin, not easily fall. when winten seoson or at cold area, after covered with mefix, we can wear gloves to keep warmer. the dye release need warm temperatures. So you should avoid the use of air conditioning during oxidative ( the henna colour will change from orange then become reddish brown or dark brown). If you can not avoid from the AC, are attempting to always wear gloves to make warm conditions during the henna  oxidation.

On one condition we can not keep henna too long, we do not spray solution dg sugar and lemon, can not also use mefix. do not worry, henna will still have color even though we keep stay on skin only 1-2 hours.

AFTER CARE

- Henna Removal
;) If you are using mefix, when taking out the mefix, henna will come up. Then rub the skin with henna  balm or you can use VICS or warm balm.
:) If you do not cover your henna with anything, before threshed henna sprayed with eucalyptus oil or other hot oil for a few minutes to let the henna softens then Ruin. Some people use citronella, lemonggrass oil or clove oil, as you know both types of  that oil is very hot oil, some people can not bear the heat. if you can bear that oil onto your skin you can use that oil., if  you can not, you can use eucalyptus oil only.

- Avoid using lotion after applying henna, use of lotions and other chemicals will cause henna easily fade.

- Do not do wax, bleaching, body scrubs or shave after the use of henna. Do it all BEFORE applying henna.

- Do not scrub your skin when taking bath.n don't too much in contact with water,
- Do not swim in a pool, becouse water in the swiimung pool containing chlorine, chlorine is causes the henna quickly fade.





0 comments:

Post a Comment